Rabu, 03 Juni 2015

VARIABEL

VARIABEL

    Variabel adalah sebuah identifier yang nilainya dapat diubah sesuai dengan kebutuhan program.Jika dibutuhkan sebuah variabel yang dapat dikenali oleh semua lingkungan dalam program, maka harus digunakan variabel Global. Pada C++ selalu terdapat fungsi utama, variabel global biasanya di deklarasikan di luar fungsi utama tersebut. Juga terdapat variabel Lokal. Variabel lokal hanya dikenali oleh suatu fungsi saja, artinya variabel lokal tidak dikenal oleh lingkungan luar di dalam program yang dibuat. Variabel lokal harus berada dalam lingkup fungsi tertentu.

Di dalam bahasa pemrograman terdapat beberapa tipe data dasar yang telah didefenisikan dan digolongkan : 

  1. tipe bilangan bulat(integer)
  2. bilangan real(floating point)
  3. tipe logika(boolean)
  4. tipe karakter/teks(character/string)

    Pada saat mendeklarasikan sebuah variabel, secara otomatis harus mendeklarasikan tipe data yang dapat ditampung oleh varibel tersebut. Dalam menyelesaikan suatu masalah hal yang paling sering kita lakukan adalah :
  • Membagi setiap masalah tersebut menjadi sub-sub masalah
  • Menyelesaikan sub-sub masalah tersebut (modul-modul)
  • Menggabungkan penyelesaian setiap sub-sub masalah tersebut

     Fungsi adalah modul program yang mengembalikan/mengirimkan sebuah nilai, sedangkan Prosedur adalah modul program yang dibuat terpisah untuk melaksanakan sabagian dari tugas yang harus diselesaikan oleh suatu program

Manfaat Fungsi dan Prosedur
  • Modularisasi
Suatu program yang besar dan kompleks dapat dibagi kedalam beberapa prosedur/fungsi sehingga setiap prosedur/fungsi merupakan bagian yang mudah dikerjakan.
  • Simplifikasi
Dalam suatu program, sering diperlukan suatu tugas yang harus dikerjakan berulang-ulang dengan nilai-nilai variabel yang berbeda-beda. Agar tidak merepotkan maka tugas ini cukup ditulis sekali saja dalam bentuk prosedur/fungsi yang kemudian dipanggil berulang-ulang sesuai kebutuhan.

Referensi :
Pendahuluan, Definisi Struktur Data, Variabel Fungsi dan Prosedur keterangan , I KOMANG SETIA BUANA, S.Kom., M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar